Cek Kolesterol Gratis Untuk Warga Lansia

Cek Kolesterol Gratis Untuk Warga Lansia

Pemeriksaan kolesterol gratis untuk lansia dilaksanakan pada kegiatan posyandu lansia bulan Oktober yaitu hari Senin, 9 Oktober 2023 mulai pukul 09.00 WIB. Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Kegiatan bertempat di pendopo Balai Desa Karanggedang, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Warga antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Cek kolesterol merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk memeriksa kadar lemak, yaitu kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida di dalam tubuh. Karena itu, pemeriksaan ini juga sering dikenal dengan istilah pemeriksaan profil lipid. Tes kolesterol adalah salah satu metode skrining kesehatan yang penting dilakukan untuk memantau serta mewaspadai risiko penumpukan plak lemak pada pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi hingga stroke.

Cek Kolesterol Gratis Untuk Lansia

Tujuan utama dilakukannya tes kolesterol adalah untuk menilai dan memantau risiko penumpukan plak di dalam pembuluh darah arteri yang dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan stroke. Karena itu, pemeriksaan ini direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki kondisi diantaranya Memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi atau pernah mengalami serangan jantung, Berat badan berlebih (obesitas), Menjalani gaya hidup tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, merokok, mengonsumsi alkohol, dan jarang berolahraga, Memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi, Pria dengan usia lebih dari 45 tahun dan wanita dengan usia di atas 55 tahun.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, lansia di wilayah Desa Karanggedang dapat mencapai kesejahteraan, baik secara fisik maupun psikis.

Cek Kolesterol Gratis Untuk Lansia

Related Posts

Komentar