Ten Days Recap of KKN Unsoed Karanggedang

Ten Days Recap of KKN Unsoed Karanggedang

Desa Karanggedang pada tahun ini menerima kedatangan mahasiswa KKN dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto. Pelaksanaan KKN dimulai tanggal 6 Juli 2023 sampai 9 Agustus 2023. Terdapat 12 mahasiswa KKN yang berasal dari berbagai jurusan. Berikut ini merupakan rekap kegiatan KKN selama 10 hari dari tanggal 6 sampai 15 Juli 2023. Artikel ini ditulis oleh Salsabila Hana Saseka, mahasiswa KKN dari Jurusan Akuntansi UNSOED Purwokerto.  

Tim KKN Unsoed Desa Karanggedang memulai aktivitasnya di hari Kamis, tanggal 6 Juli 2023. Pada setiap harinya, terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan, baik itu pelaksanaan program kerja yang sudah direncanakan, maupun sekedar mengikuti kegiatan rutinan yang diadakan oleh desa. Tentunya semua dilaksanakan dengan koordinasi bersama beberapa tokoh penting yang ada di desa.

day 1

Hari pertama, tanggal 6 Juli 2023, tim KKN memulai perjalanan dari Purwokerto sekitar pukul 7.00 WIB. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Sesampainya di Desa Karanggedang, tepatnya di Posko KKN Unsoed, sebagian anggota menghadiri upacara penerimaan KKN se-kabupaten di Kecamatan Tambak. Kemudian aktivitas dilanjutkan dengan pemasangan banner penanda posko dan tampah penunjuk arah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan apabila DPL atau pihak kampus berkunjung ke posko.

day 2

Hari kedua, tanggal 7 Juli 2023, aktivitas dimulai pada pukul 5.00 WIB. Tim KKN Unsoed membantu pelaksanaan “Jogo Tonggo” atau Jum’at Berkah yang rutin dilaksanakan setiap paginya oleh keluarga Pak Farkhan Adi, pemilik posko. “Jogo Tonggo” merupakan kegiatan berbagi bahan makanan, mulai dari sayuran, lauk pauk, sampai dengan sembako, seperti gula pasir. Warga yang terlihat antusias dengan kegiatan ini cukup banyak, sekitar 30 orang. Kemudian aktivitas tim KKN dilanjutkan dengan mengikuti Senam Sehat Ibu-Ibu Desa Karanggedang di Balai Desa. Selanjutnya, tim KKN juga mengikuti rapat koordinasi bersama perangkat desa untuk memaparkan Program Kerja Tentatif yang telah direncanakan. Pada sore harinya, tim KKN melakukan kunjungan ke rumah Pak RT setempat untuk memperkenalkan diri sekaligus melaporkan akan adanya kegiatan KKN selama kurang lebih satu bulan.

day 3

Hari ketiga, 8 Juli 2023, tim KKN Unsoed melakukan kunjungan ke tempat wisata edukasi sapi yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa Karanggedang. Di sana, tim KKN juga melihat secara langsung proses pembuatan pupuk kompos yang berasal dari kotoran sapi. Kemudian aktivitas dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk membahas program kerja definitif dan membuat matriks jadwal kegiatan.

Hari keempat, 9 Juli 2023, terdapat dua kegiatan yang diadakan secara bersamaan. Oleh karena itu, tim KKN pun dipecah menjadi dua untuk menghadiri dua kegiatan tersebut. Tim pertama menghadiri acara Rapat Rutin Ibu-Ibu PKK RT 2 RW 1. Pada pertemuan ini, tim KKN mengenal lebih dekat warga Desa Karanggedang. Kemudian tim kedua, yakni Bidang Kesehatan dan Lingkungan melakukan koordinasi dengan Ketua KWT dan Sekretaris Bidan Desa untuk mendiskusikan terkait pembuatan home decomposer dan intensifikasi pekarangan, serta pelaksanaan posyandu di Desa Karanggedang.

day 4

Hari kelima, 10 Juli 2023, tim KKN Unsoed mengikuti apel pagi yang dilaksanakan di Kecamatan Sumpiuh. Apel pagi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN Unsoed yang ditempatkan di Kecamatan Sumpiuh. Kemudian, tim KKN juga ikut menghadiri Rapat Rutin Ibu-Ibu PKK di RT 1 RW 2 untuk memaparkan beberapa program kerja yang melibatkan ibu-ibu PKK pada khususnya. Pada saat yang bersamaan, tim KKN juga memulai pembuatan home decomposer dan intensifikasi pekarangan di rumah salah satu warga desa. Dengan adanya pembuatan home decomposer ini diharapkan warga mampu menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampai rumah tangga (home waste) yang dihasilkan sehari-hari. Kemudian, intensifikasi pekarangan yang dilakukan adalah membagikan bibit cabai dan timun dengan tujuan memberdayakan lingkungan dan memanfaatkan lahan di sekitar rumah warga agar lebih produktif. Selanjutnya, beberapa dari tim KKN juga ada yang melakukan diskusi dengan perangkat desa di Balai Desa untuk membahas mengenai jadwal desa juga beberapa program kerja, sekaligus melakukan pemasangan poster sosialisasi lepstospirosis. Pemasangan poster leptospirosis ini dilakukan untuk mengedukasi warga mengenai pencegahan dari penyakit ini.

day 6

Hari keenam, 11 Juli 2023, tim KKN Unsoed melakukan pendampingan posyandu lansia yang dihadiri kurang lebih 130 orang lansia di Balai Desa. Beberapa dari tim KKN juga ada yang melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan imunisasi untuk balita di PKD. Pada siang harinya, tim KKN bersama perangkat desa melakukan rapat koordinasi kembali untuk fiksasi program kerja yang akan dilaksanakan selama periode KKN. Kemudian, aktivitas dilanjutkan dengan mengikuti rapat panitia HUT RI ke-78. Pada malam hari, Bidang Ekonomi dari tim KKN melakukan FGD dengan Pak Romli untuk membahas mengenai inovasi produk pupuk kompos.

Hari ketujuh, 12 Juli 2023, terdapat beberapa kegiatan yang perlu dilakukan oleh tim KKN Unsoed, sehingga tim dipecah menjadi beberapa kelompok. Kelompok pertama melanjutkan pembuatan home decomposer dan intensifikasi pekarangan. Kemudian, kelompok kedua melakukan pendampingan posyandu balita yang pertama. Kelompok ketiga melaksanakan FGD bersama Guru SD dan MI untuk membahas program kerja pendidikan di Desa Karanggedang. Program kerja pendidikan yang ditawarkan dari tim KKN di antaranya adalah bimbingan belajar dan sosialisasi mengenai lingkungan lestari. Bimbingan belajar diadakan untuk SD dan MI. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan murid-murid berdasarkan informasi dari para guru. Bimbingan belajar Calistung dikhususkan untuk kelas 1 sampai dengan 4, dan bimbingan belajar Bahasa Inggris untuk kelas 5 dan 6. Kemudian, kelompok keempat membantu perangkat desa dalam penyaluran BLT Dana Desa.

day 7

Hari kedelapan, 13 Juli 2023, tim KKN Unsoed mendapatkan kunjungan dari Dosen Pembimbing Lapangan, yakni Bapak Rifqi Festiawan, S. Pd., M. Pd., AIFO. Pada kunjungan yang pertama ini, DPL melakukan monitoring terhadap posko dan program kerja serta permasalahan selama seminggu pelaksanaan KKN. Kemudian, tim KKN juga melakukan pendampingan posyandu balita yang kedua dan melanjutkan pembuatan home decomposer serta intensifikasi pekarangan. Pada malam harinya, tim KKN mengikuti rapat untuk kegiatan bulan Muharram di Desa Karanggedang.

Hari kesembilan, 14 Juli 2023, tim KKN Unsoed kembali membantu kegiatan “Jogo Tonggo” atau Jum’at Berkah pada pagi hari. Kemudian, aktivitas dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan senam rutin ibu-ibu Desa Karanggedang. Beberapa dari tim KKN juga melakukan pendampingan terhadap pendampingan posyandu balita yang ketiga. Selanjutnya, tim KKN mengikuti Rapat Rutin Ibu-Ibu PKK RT 5 RW 1. Pada pertemuan kali ini tim KKN sekaligus melakukan FGD Inovasi Produk dari Potensi Desa serta Sosialisasi dan Pendataan PHBS bersama ibu-ibu PKK. FGD Inovasi Produk dilakukan untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya inovasi dalam sebuah produk sehingga diharapkan dapat memotivasi ibu-ibu PKK membuat produk unggulan di Desa Karanggedang. Sosialisasi PHBS juga dilakukan untuk mengingatkan kembali mengenai pola hidup bersih dan sehat kepada warga desa. Pada malam hari, tim KKN juga mengikuti pengajian rutin yang dilaksanakan di Masjid Desa Karanggedang.

Hari kesepuluh, 15 Juli 2023, tim KKN kembali melanjutkan pembuatan home decomposer dan intensifikasi pekarangan. Kemudian, terdapat pula pendampingan posyandu balita yang keempat. Pada malam hari, tim KKN menghadiri Poma Pami atau Rapat Rutin Bapak-Bapak di RT 3 RW 1. Pada pertemuan ini, tim KKN sekaligus melakukan sosialisasi leptospirosis dan pengecekan gula darah serta tekanan darah gratis dengan peserta kurang lebih sebanyak 14 orang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga mengenai penyakit leptospirosis dan pentingnya menjaga kesehatan.

day 10

Related Posts

Komentar