Bina Keluarga Balita Desa Karanggedang

Bina Keluarga Balita Desa Karanggedang

Bina Keluarga Balita (BKB) desa Karanggedang diselenggarakan pada hari Jumat, 22 September 2023 di pendopo Balai Desa Karanggedang mulai pukul 09.00 WIB. Menurut Peraturan Kepala BKKBN No.12 tahun 2018, Bina Keluarga Balita diartikan sebagai layanan penyuluhan bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan moral. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas demi meningkatkan kesertaan pembinaan dan kemandirian ber-KB bagi pasangan usia subur (PUS).

Bina Keluarga Balita Desa Karanggedang

Pelaksanaan program BKB dilakukan oleh pengelola dan kader yang bekerja secara sukarela dari kalangan masyarakat sekitar. Sementara itu, orang yang menerima penyuluhan disebut sebagai kelompok BKB. Kelompok BKB umumnya terdiri dari keluarga muda dengan anggota yang mempunyai anak batita (bawah usia tiga tahun) atau anak balita (bawah usia lima tahun). Menurut laman resmi BKKBN, untuk memberdayakan kedua kelompok keluarga tersebut, seluruh jajaran pembangunan, termasuk kekuatan keluarga yang tergabung dalam Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA), diarahkan agar setiap keluarga memiliki prioritas tinggi terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak balitanya. Jika berjalan dengan baik, maka penyuluhan BKB ini diharapkan dapat menghasilkan orang tua yang paham cara untuk memelihara kesehatan, tumbuh kembang anaknya, deteksi dini kelainan atau kecacatan dan akhirnya menyiapkan anak balitanya siap sekolah bersama anak-anak lain.

Penyuluhan BKB dilakukan oleh kader. Materi penyuluhan, perencanaan kegiatan, dan pengorganisasiannya dilakukan oleh pengelola BKB. Selanjutnya, selama rangkaian kegiatan dilakukan, pengelola akan melakukan pemantauan. Lalu setelah selesai, akan ada penilaian untuk melihat keberhasilan penyuluhan. Secara umum, materi penyuluhan berisi tentang penerapan pola asuh tumbuh kembang anak balita.

Bina Keluarga Balita Desa Karanggedang

Related Posts

Komentar