Pentingnya Menjaga kesehatan Pada Warga Lansia

Pentingnya Menjaga kesehatan Pada Warga Lansia

Lanjut usia merupakan salah satu dalam siklus hidup manusia. Oleh karena itu kelompok lanjut usia tetap perlu dijaga kesehatannya karena di masa lansia akan mengalami perubahan baik secara fisik dan mental. Beberapa masalah kesehatan yang sering dijumpai pada lansia berkaitan dengan perubahan secara fisik adalah masalah kesehatan akibat proses penuaan, terjadinya kemunduran fungsi sel-sel tubuh (degeneratif), dan menurunnya fungsi sistem imun tubuh sehingga mucul penyakit-penyakit degeneratif, gangguan gizi (malnutrisi) penyakit infeksi, masalah kesehatan gigi dan mulut dan lain-lain. Sedangkan beberapa penyakit yang sering dijumpai pada lanjut usia yaitu pneumonia,  Infeksi Saluran Kemih, Diabetes Melitus dan Hipertensi.

Selain itu, ada beberapa permasalahan berkaitan dengan perubahan mental pada lansia yang disebabkan oleh penurunan kognitif dan psikomotorik. Dari segi mental emosional sering kali muncul perasaan cemas, depresi, perasaan tidak berharga, perasaan tidak aman, perasaan tidak berguna lagi, dan kesepian (loneliness) pada lansia itu sendiri. Menjaga kesehatan mental lansia perlu dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan jiwa (psikogeriatri). Penatalaksanaan kesehatan mental pada lansia antara lain farmakologi (pemberian obat), psikoterapi (terapi psikis), dan sosial (membiarkan lansia untuk bersosialisasi dengan masyarakat).

Upaya menjaga kesehatan pada  lanjut usia perlu dilakukan sejak awal. Berkaitan dengan hal tersebut, maka Pemerintah Desa Karanggedang bekerjasama dengan Puskemas Sumpiuh I rutin mengadakan posyandu lansia setiap sebulan sekali. Di bulan Juni ini, posyandu lansia dilaksanakan pada hari Senin, 3 Juni 2024 di Pendopo Balai Desa Karanggedang. Hal ini bertujuan agar para lanjut usia dapat tetap hidup sehat, berkualitas, dan produktif sesuai dengan martabat kemanusiaan. Kesehatan lanjut usia perlu di upayakan dengan menjaga kebersihan diri, mengkonsumsi gizi seimbang , melakukan aktivitas fisik  secara rutin , memiliki kehidupan sosial, memiliki kesempatan berkarya, serta memiliki lingkungan yang ramah lanjut usia.

 Pentingnya Menjaga kesehatan Pada Warga Lansia

Pentingnya Menjaga kesehatan Pada Warga Lansia

Related Posts

Komentar