Semarak Festival Gunungan Memperingati Tahun Baru Jawa / Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Semarak Festival Gunungan Memperingati Tahun Baru Jawa / Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Festival Gunungan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juli 2023 bertempat di balai desa Karanggedang mulai pukul 13.00 WIB. Acara ini bertujuan untuk memperingati Tahun Baru Jawa tanggal 1 Suro 1957 Saka dan Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah. Hadir pada kegiatan ini Camat Sumpiuh, Kapolsek Sumpiuh, Babinsa, Babinkabtibmas, Kepala Desa Karanggedang, Perangkat Desa, BPD, Ketua RT / RW dan ratusan warga desa Karanggedang.

Festival Gunungan Karanggedang

Tiap RT membawa gunungan yang berisi beraneka ragam, mulai dari sayuran dan buahan seperti wortel, tomat, kacang panjang, kangkung, jagung, singkong, bayam, pisang, nanas, jeruk dan beragam sayuran dan buah-buahan lainnya. Pada kesempatan ini terkumpul 9 gunungan yang berasal dari 9 RT dan 1 gunungan dari Pemerintahan Desa Karanggedang.

GUNUNGAN

Prosesi Festival Gunungan di Desa Karanggedang

Awalnya masyarakat desa karanggedang yang terdiri dari 9 RT dan 2 RW berangkat dari masing-masing RT dengan membawa gunungan menuju ke balai desa Karanggedang. Sampai di balai desa gunungan tersebut di tata di pendopo sesuai urutan RT. Rangkaian acara yang berlangsung, dimulai dari pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan Kepala Desa Karanggedang, Camat Sumpiuh, tausiyah dari Kyai Ahmad Muzallid. Dalam Tausiyahnya, Kyai Ahmad Muzallid menyampaikan bahwa Filosofi gunungan adalah bersedekah. Gunungan tersebut berisi hasil palawija, sayur mayur. Ini sebagai bentuk dan doa dengan harapan selama satu tahun kedepan para warga masyarakat bisa mendapatkan keberkahan dari sedekah tersebut.

Grup Kenthongan Karanggedang

Ratusan warga antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Grup kenthongn dari desa Karanggedang juga ikut memeriahkan acara ini dengan menampilkan hiburan musik dan nyayian. Setelah doa bersama, gunungan dibawa kembali ke RT masing-masing untuk dibagikan ke warga yang ada di masing-masing RT.

gunungan

warga antusias mengikuti gunungan

Related Posts

Komentar