Hijrah Menuju Kebaikan di Awal Tahun Baru 1445 Hijriyah

Hijrah Menuju Kebaikan di Awal Tahun Baru 1445 Hijriyah

Silaturahmi dan Pengajian Akbar Dalam Rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H dilaksanakan pada hari Sabtu (29 Juli 2023) bertempat di Halaman Masjid Jami Al Hasan Desa Karanggedang. Pengajian ini dihadiri oleh Kepala Desa Karanggedang, Perangkat Desa, Takmir Masjid Jami Al Hasan dan ratusan warga masyarakat desa Karanggedang.

Grup hadroh Desa Karanggedang

Pengajian akbar ini dimulai dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh para pengurus masjid, dilanjutkan Doa Bersama untuk memulai rangkaian acara Silaturahmi dan Pengajian Akbar di Desa Karanggedang. Acara dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia dan Sambutan dari Kepala Desa Karanggedang.

pembacaan ayat suci Al Quran

Ratusan warga antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan pemberian santunan untuk anak-anak yatim yang berada di desa Karanggedang yang diberikan oleh Panitia, Kepala Desa Karanggedang dan Kepala Sekolah MI Al-Hasan.

pembagian santunan kepada anak yatim

Ustad Mintaraga Eman Surya yang merupakan dosen dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto bertindak sebagai penceramah. Dalam tausiyahnya, ustad menyampaikan bahwa Tahun Baru Hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil i'tibar (pelajaran) dari peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Dalam peristiwa hijrah tersebut, umat muslim hendaknya mengambil makna dan pesan yang terkandung. Terutama dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari diantaranya perpindahan dari kekufuran kepada keimanan dengan meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beribadah dan perpindahan dari kemiskinan kepada kecukupan secara ekonomi dengan kerja keras dan tawakal.

tausiyah dari ustad

Related Posts

Komentar