Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Desa Karanggedang

Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Desa Karanggedang

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karanggedang menyelenggarakan sosialisasi Pemilu Tahun 2024 kepada pemilih pemula pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 mulai pukul 09.00 WIB di pendopo Balai Desa Karanggedang. Acara dihadiri Pj. Kepala Desa Karanggedang, PPK Sumpiuh, Panwas Sumpiuh, PPS Karanggedang dan puluhan pemilih pemula yang ada di wilayah desa Karanggedang.  

Pemilih pemula atau first time voters adalah pemilih yang pada pemilu sebelumnya, dalam hal ini Pemilu Serentak tahun 2019 lalu, belum bisa menggunakan hak pilihnya karena belum terkategori sebagai pemilih. Syarat untuk menjadi pemilih dalam pemilu adalah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Apabila saat pemilu dilaksanakan masih berusia 16 tahun, maka harus menunggu lima tahun lagi hingga bisa menggunakan hak suaranya.

 Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Desa Karanggedang

Pemilih pemula memiliki antusiasme yang tinggi sementara keputusan pilihan yang belum bulat, sebenarnya menempatkan pemilih pemula sebagai swing vooters yang sesungguhnya. Pemilih pemula mudah dipengaruhi kepentingan-kepentingan tertentu, terutama oleh orang terdekat seperti anggota keluarga, mulai dari orang tua hingga kerabat dan teman. Selain itu, media massa juga lkut berpengaruh terhadap pilihan pemilih pemula. Hal ini dapat berupa berita di televisi, spanduk, brosur, poster, dan lain-lain.

Sugeng Siswanto selaku ketua PPK Kecamatan Sumpiuh dalam sambutannya mengajak pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu tahun 2024. "Pemilu sangat penting untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat. Mari gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Jangan golput" Ucap Sugeng Siswanto

 Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Desa Karanggedang

Samsudin selaku ketua PPS Desa Karanggedang pada kesempatan ini  menyampaikan materi tentang demokrasi. Para pemilih pemula dikenalkan tentang praktek demokrasi dan sejarah pemilu di Indonesia. Mereka juga dikenalkan mengenai tahapan pemilu, peserta pemilu dan syarat menjadi pemilih. Para pemilih pemula itu diajak untuk menyalurkan hak pilihnya pada hari Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Anak muda biasa mengenal tanggal 14 Februari sebagai hari kasih sayang atau valentine day.

‘’Bagi kita tanggal 14 Februari 2024 adalah hari kasih suara. Kita berikan suara kita kepada calon presiden dan wakil presiden serta calon wakil rakyat sesuai pilihan masing-masing. Jangan golput dan jangan memilih karena uang. Setiap suara kita sangat berharga, oleh karena itu datang ke TPS dan coblos pilihan masing-masing,’’ ajak Samsudin.

Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula di Desa Karanggedang

Related Posts

Komentar